Tuesday, May 13, 2014

TEKHNIK PEMBUATAN BOAT DARI KAYU di PANGANDARAN

Untuk informasi anda, bahwa salah satu boat milik PANGANDARAN FISHING TOURS adalah terbuat dari kayu. Boat tersebut berukuran sekitar 8x2,3 meter, kokoh dan tidak tampak dari luar kalo itu terbuat dari kayu karena tekhnisi dan pembuatnya yang sudah mahir dan berpengalaman dalam bidangnya. Adapun tekhnisi2 dalam pembuatan boat tersebut di datangkan langsung dari MENADO. Pernah dengar kan tentang Menado? Atau BUNAKEN yang terkenal dengan kota pantainya.
Kota Manado adalah ibu kota dari provinsi Sulawesi Utara. Kota Manado seringkali disebut sebagai Menado. Motto Sulawesi Utara adalah Si Tou Timou Tumou Tou, sebuah filsafat hidup masyarakat Minahasa yang dipopulerkan oleh Sam Ratulangi, yang berarti: "Manusia hidup untuk memanusiakan orang lain" atau "Orang hidup untuk menghidupkan orang lain". Dalam ungkapan Bahasa Manado, sering kali dikatakan: "Baku beking pande" yang secara harafiah berarti "Saling menambah pintar dengan orang lain". Betapa indahnya hidup ini ya jika semua orang mengikuti motto dan prinsip untuk mementingkan kepentingan umum sepertinya Indonesia akan segera adil makmur jika para petinggi Negara dan masyarakatnya menerapkan motto tersebut. Masyarakat menado terkenal sebagai pelaut yang andal karena mayoritas kehidupan tergantung dari hasil kelautan.
Kualitas boat dari kayu jangan dianggap remeh, meskipun terkesan tradisional dan klasik tapi boat kayu juga tidak kalah kualitsanya dari boat fiber. Boat kayu tidak gampang tenggelam, beda dengan boat fiber, jika pecah atau terendam air langsung tenggelam, karena fiber sendiri sifat dan berat jenisnya lebih berat daripada air, dia akan langsung tenggelam di dalam air, beda dengan kayu khusus tadi, dia akan tetap mengambang di permukaan. Selain juga efek friendly environment (ramah lingkungan) karena setelah dimakan usia kayu tidak akan  berbekas, bahkan menjadi pupuk/humus bagi kesuburan tanah, beda dengan fiber dia akan jd salah satu sampah abadi di muka bumi jika tdk dikelola dan dgunakan lagi. Hehe… J
Yo mari kita lihat bagaimana tekhnik & cara pembuatan boat dari kayu:
Pertama, adalah pemilihan bahan kayu. Merupakan tahap yang sangat penting karena nantinya akan menentukan hasil dan kualitas boat. Tentu kayu yang dipilih adalah jenis yang super atau sangat baik. Kayu yang digunakan adalah kayu jati, kayu laban dan kayu nyamplung serta kayu waru (cheese wood). Dipilih kayu yang sudah berumur tua agar kualitasnya benar2 meyakinkan. Karena sifat kayu jika masih muda tidak sekeras kayu yang sudah tua.
Jenis kayu nyamplung/waru dipake untuk dasaran supaya boat gampang terapung, sifat kayu nyamplung dan waru jika sudah kering akan mengambang/mengapung di permukaan air. Inilah alasan kenapa kayu jenis tersebut dipilih untuk bahan boat disamping tidak cepat rusak/busuk jika terendam air.
Disini kami menebang pohon sendiri, karena jenis kayu waru/nyamplung jarang dan langka. Setelah kayu ditebang dibelah2 berukuran panjang 8meter. Dan dikeringkan secara berdiri agar keringnya merata dan tidak dikeringkan di bawah terik matahari supaya keringnya normal, dbutuhkan waktu sekitar seminggu untuk pengeringan sampai getah2 kayu tersebut kering dan kayu tersebut sudah bias mengambang di permukaan air.
Kayu mengambang di air
Kedua, Pembuatan dasar boat. Disini diperlukan tekhnik khusus, ketelitian, serta kesabaran. Dibutuhkan waktu yang tidak sedikit dalam tahap ini, selain sangat penting untuk kualitas boat nanti. Bahan lain yang digunakan disini adalah paku kayu (terbuat dari kayu), paku kayu tidak akan berkarat meskipun dimakan waktu apalagi air laut yg sifat PH keasaman dan garamnya yg sangat bersifat ‘high corrosion’. Juga digunakan paku baja untuk bagian atasnya, lem philipine (dari Philipine) konon terkenal kualitas nya yang sangat kuat dan tahan air untuk memperkuat sambungan2 kayu tersebut. Pembuatan dasaran perahu di lakukan lebih kurang 1 minggu. 
Kerangka dan dasaran Boat

Kerangka dan dasaran Boat
Ketiga, Pembuatan Body. Setelah pembuatan dasar boat selesai tinggal menambah ketinggian boat dengan cara menyambung2 kayu dengan tekhnik paku dan di lem serta di dempul dengan dempul khusus untuk kayu  supaya permukaan kayu itu benar2 halus mulus dan rata. Lalu di cat dengan menggunakan cat kayu yang berkualitas baik. Disini pengecatan  menggunakan sprayer/semprotan yang menggunakan kompressor agar hasilnya lebih rata maksimal. 
Cabin
Body tengah


Body depan
Keempat, Finishing. Dalam Tahap ini juga dibutuhkan waktu yang paling lama karena  kami mengharapkan hasil yang benar2 seperti yang di inginkan. Kerapihan dan kekuatan boat serta variasi dan pemasangan alat2 pendukung seperti stainless teralis, dudukan bensin dan mesin, kursi penumpang, tempat sandaran joran, steering dan panel aksesoris serta kabel2 dan kelengkapan music system plus panel tenaga matahari untuk lampu2 dan sumber kelistrikan.
 

Next time saya akan uplod kelanjutan foto & kegiatan seperti Fishing, Snorkeling, bottom glass boat dan aktifitas kami di PANGANDARAN FISHING TOURS.
 



Kami tunggu kehadiran anda beserta keluarga di Pangandaran, kami sangat welcome jika anda tertarik & ingin bergabung dengan kami.....

Kontak kami di...
Pangandaranfishingtour@gmail.com
BBM: 7B35DE77
M: +62081221296677

TERIMAKASIH

No comments:

Post a Comment